Ribuan Dokter Mitra BPJS Kesehatan bisa jadi SDM Vaksinasi Covid-19

- 21 November 2020, 20:12 WIB
Ilustrasi vaksin. /Dok. Kemenkominfo/

REFERENSI BERITA – Pemerintah Indonesia tidak perlu khawatir soal kurangnya SDM vaksinasi Covid-19. Sebab ada ribuan dokter praktik pribadi mitra BPJS Kesehatan yang bisa diberdayakan.

Kegiatan vaksinasi di Indonesia sendiri akan sangat memerlukan banyak SDM.

Dengan memanfaatkan tenaga ribuan dokter tersebut, maka diyakini persiapan, pelaksanaan dan evaluasi program vaksinasi yang dilakukan secara massal bakal lebih mudah.

Baca Juga: Mantan Punggawa Timnas Indonesia Ricky Yakobi Meninggal Dunia

Anggota Tim Pakar Universitas Lambung Mangkurat (ULM) untuk Percepatan Penanganan Covid-19, Prof. Dr. dr, Syamsul Arifin mengatakan, pemerintah bisa memberdayakan dokter praktik pribadi mitra BPJS Kesehatan untuk memenuhi ke butuhan SDM dalam vaksinasi Covid-19.

"Dengan memberdayakan dokter praktik pribadi mitra BPJS, akan memudahkan dalam persiapan, pelaksanaan dan evaluasi program vaksinasi yang dilakukan secara massal," kata Syamsul Arifin di Banjarmasin, Sabtu 21 November 2020.

Data BPJS Kesehatan tahun 2019 menyebutkan, dokter praktik pribadi mitra BPJS Kesehatan cukup banyak yaitu tercatat 5.326 orang.

Baca Juga: Refly Harun Sebut TNI Terlalu Jauh Melangkah

Menurut Syamsul, mereka sudah mengetahui riwayat penyakit melalui rekam medik pasiennya dan dapat melakukan promosi, sosialisasi tentang vaksinasi Covid-19 lebih awal dan efektif.

Halaman:

Editor: Rukman Nurhalim Mamora

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X