Waspadalah! Dalam Sepekan ke Depan ada Potensi Cuaca Ektrem

- 21 November 2020, 15:13 WIB
BMKG memberikan peringatan kepada para masyarakat untuk cuaca ekstrim. /BMKG

REFERENSI BERITA - Aktivitas siklonik terpantau hadir di sejumlah wilayah di Indonesia. Badan Meteorogi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sudah merilis laporan itu.

BMKG memprediksi akan adanya potensi cuaca ekstrem di beberapa daerah di Indonesia dalam sepekan ke depan, dimulai tanggal 21 hingga 26 November 2020.

Cuaca buruk di beberapa daerah di Indonesia ini diakibatkan adanya situasi siklonik di Samudera Hindia.

Baca Juga: Fahri Hamzah: TNI Harus Menghormati Hukum Negara, Bukan Hukum Rimba

Siklonik tersebut terlihat di Samudra Hindia Barat Aceh, di Hindia Barat Bengkulu, dan di Selat Karimata yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi).

Situasi ini memanjang di perairan utara Aceh, dari Sumatera Utara hingga perairan barat Bengkulu, di Selat Karimata bagian utara, serta dari Kalimantan Tengah sampai Selat Karimata bagian selatan.

Baca Juga: Demi Keutuhan NKRI Hidayat Nur Wahid Dukung Pertemuan Ma'ruf Amin dan Habib Rizieq

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto dalam keterangan resmi yang dikutip Pikiran-Rakyat.com dari PMJ News mengatakan, kondisi ini meningkatkan potensi hujan lebat.

“Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut,” kata Guswanto.

Halaman:

Editor: Rukman Nurhalim Mamora

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X