Sekolah Online Bawa Dampak Buruk, Nadiem Izinkan Sekolah Tatap Muka Tahun Depan

- 20 November 2020, 18:58 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim /Pikiran Rakyat

REFERENSI BERITA - Kemendikbud sepakat bahwa pembelajaran dan kegiatan belajar mengajar (KBM) untuk tahun depan sudah bisa diselenggarakan secara tatap muka.

Mendikbud, Nadiem Makarim mengungkapkan, panduan pembelajaran di sekolah untuk tahun ajaran genap 2020-2021 berlangsung tahun depan.

Ia memutuskan akan memberikan kewenangan tersebut kepada tiap pemerintah daerah yang dianggap lebih mengetahui situasi Covid-19 dibandingkan pemerintah pusat.

Baca Juga: Banyak yang belum Sadar, Setiap 20 November adalah Hari Anak Sedunia

"Berarti pemerintah pada hari ini melakukan penyesuaian kebijakan. Untuk memberikan kewenangan pada pemerintah daerah, Kanwil, atau Kantor Kemenag untuk menentukan pemberian izin pembelajaran tatap muka,” ungkap Nadiem pada webinar Pengumuman Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Genap TA 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19 yang diselenggarakan Jumat, 20 November 2020.

Pemberian izin bisa dilakukan secara serentak atau bertahap tergantung pada kesiapan daerah tergantung diskresi kepala daerah. Berdasarkan evaluasi kepala daerahnya. 

Baca Juga: Ke Hotman Paris Aa Gym Ajarkan Teknik Bersyukur

Dalam kesempatan tersebut, Nadiem Makarim juga tidak menyangkal bahwa dirinya sepakat dengan keluhan banyak pihak terkait metode pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan secara daring (online).

"Kita harus menyadari bahwa setelah dievaluasi hasil daripada pembelajaran jarak jauh ini, bahwa dampak negatif yang terjadi pada anak itu suatu hal yang nyata,” paparnya.

Halaman:

Editor: Rukman Nurhalim Mamora

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X