Buku Memoar PAA Achmad Djajadiningrat Diserahkan ke Pemprov Banten

- 20 November 2020, 10:17 WIB
PROSESI penyerahan buku “Memoar Pangeran Aria Achmad Djajadiningrat. /RUKMAN NURHALIM MAMORA/REFERENSI BERITA

REFERENSI BERITA - Provinsi Banten mendapat tambahan sumber buku bermuatan pendidikan yang penting bagi sejarah, pemerintahan, kemasyarakatan dan budaya yang tertuang dalam buku “Memoar Pangeran Aria Achmad Djajadiningrat.”

Buku itu diserahkan Ketua Paguyuban Keluarga PAA Achmad Djajadiningrat, Anangga Roesdiono, Kamis 19 November 2020 di gedung negara atau eks Pendopo Gubernur kepada Gubernur Banten yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten, Tabrani.

Dalam sambutannya Tabrani menyampaikan, atas nama Pemerintah Provinsi Banten dirinya mengucapkan terima kasih kepada keluarga yang telah menyerahkan buku yang aslinya ditulis dalam bahasa  Belanda.

Baca Juga: SUTET dan Makam belum Tuntas Dibebaskan di Area Genangan Waduk Karian

"Menurut informasi, buku itu semula tersimpan di Museum Leiden, Balanda. Saya akan segera melaporkan penyerahan buku ini kepada Pak Gubernur Banten untuk ditindaklanjuti pemanfaatannya," ungkap Tabrani.

Hadir saat prosesi penyerahan buku itu Jaro Pamarentah dan Jaro Sangka Sirahdayeuh dari Kanekes Baduy. Kehadiran mereka sangat penting, karena PAA Achmad Djayadiningrat merupakan keturunan Kanekes, kampung adat dari Cikeusik.

Baca Juga: Akhir Pekan ini UMK 2021 Diteken Gubernur WH

Rohaendi selaku pemerhati dan pecinta Baduy yang memandu acara mengungkapkan, buku itu diketahui dari Lissa Djajadiningkrat yang sempat membacakan petikan bukunya saat diskusi “Baduy Kekinian” dengan para youtuber di Bale Seni Ciwasiat, Kabupaten Pandeglang, Banten bulan Oktober lalu.

Sementara pemerhati Baduy lainnya, Uday Suhada yang juga hadir mengungkapkan, buku ini merupakan catatan harian perjalanan hidup dari tokoh yang sempat menjadi regent Serang, dan Batavia di masa kolonial.

Halaman:

Editor: Rukman Nurhalim Mamora


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Ini Lima Puisi Terkait Hari Pahlawan 2020

10 November 2020, 13:23 WIB

Lembaga Adat Baduy Segera Bertindak

25 Oktober 2020, 20:04 WIB

Ponsel jadi Ancaman Serius Warga Baduy

25 Oktober 2020, 08:33 WIB

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X