Al Qur’an Daluang, Jejak Kehebatan Ulama Banten

- 8 November 2020, 20:58 WIB
Al Qur'an tulisan tangan berbahan kulit kayu ditemukan di Kasnyatan, Banten. /RUKMAN NURHALIM MAMORA/REFERNSI BERITA

REFERENSI BERITA - Selain menjadi tempat belajar agama keluarga dan kerabat sultan pada abad XV, kawasan Kasunyatan Banten juga memiliki banyak penulis kitab-kitab keagamaan, di antaranya penulis Al Qur’an.

Dari tradisi lisan dan beberapa sumber tekstual menyebutkan, wilayah yang masuk ke Kecamatan Kasemen, Kota Serang ini memang dikenal sebagai tempat pendidikan dan pengajaran agama Islam sejak awal masa kesultanan Banten.

Di kawasan ini terdapat banyak artefak yang menunjukkan adanya jejak kehebatan Islam pada abad XV.

Baca Juga: Hasil Tes Kurang Menggembrikan, Fabio Quartararo Kesulitan di MotoGP Eropa 2020

Baru-baru ini teridentifikasi adanya kitab suci Al Qur’an yang diduga kuat sebagai peninggalan zaman kesultanan di Kasunyatan. Al Qur’an kuno itu hasil tulisan tangan berbahan daluang atau kertas yang terbuat dari kulit kayu.

Arkeolog sekaligus sejarahwan Banten, DR. Moh. Ali Fadhillah mengungkapkan, jika benar Al Qur’an kuno berasal dari Banten, maka boleh jadi itu merupakan salah satu karya orang Banten yang luar biasa pada zamannya.

“Teksnya masih lengkap, aksara jelas, mudah dibaca. Sayangnya tidak ditemukan titimangsa yang memberitahukan siapa penulis, di mana ditulis dan kapan waktu penulisannya. Jika melihat bahannya dari daluang, maka bisa diartikan naskah itu cukup tua, ditulis sebelum adanya kertas Eropa,” terang Ali.

Ali menyarankan pemilik Al Qur’an itu segera didaftarkan sebagai benda cagar budaya (BCB) untuk secepatnya mendapatkan perawatan, karena materialnya organik dan kondisinya sudah mulai rapuh oleh ngengat atau mikroba lain.

Baca Juga: SDN 21 Kota Serang Terapkan Belajar Dari Rumah Selama Pandemi Covid-19

Halaman:

Editor: Rukman Nurhalim Mamora


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Ini Lima Puisi Terkait Hari Pahlawan 2020

10 November 2020, 13:23 WIB

Lembaga Adat Baduy Segera Bertindak

25 Oktober 2020, 20:04 WIB

Ponsel jadi Ancaman Serius Warga Baduy

25 Oktober 2020, 08:33 WIB

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X