Lawang Abang jadi Bukti Islam Berjaya di Banten

- 8 November 2020, 20:18 WIB
Situs Lawang Abang termasuk Benda Cagar Budaya. /RUKMAN NURHALIM MAMORA/REFERENSI BERITA

REFERENSI BERITA - Banten memiliki berjuta kisah. Masuknya Islam, adanya pemikir Islam yang terkenal seantero dunia, perlawanan dan pemberontakan terhadap penjajah adalah kisah yang mewarnai sejarah tanah jawara ini.

Bukti sejarah yang menguatkan hebatnya Banten dari zaman ke zaman banyak ditemui. Banyaknya bangunan bersejarah merupakan bukti bahwa Banten memiliki perjalanan panjang yang menarik.

Salah satu buktinya adalah berdirinya sebuah bangunan yang diyakini bekas pintu gerbang di tepi Sungai Cibanten. Bangunan itu masih tegak berdiri meski hanya tinggal satu buah. Bangunan itu oleh masyarakat sekitar dinamai Lawang Abang.

Baca Juga: Warga Lebak Dijerat UU ITE Gegara Posting Video Ibu Hamil Ditandu, DPR RI: UU ITE Harusnya Lindungi

Yang Struktur bangunan yang diduga memiliki nilai sejarah tentang perkembangan ajaran Islam di Banten itu berada di Kampung Pangkalan Nangka, Desa Kenari, Kecamatan Kasemen, Kota Serang.

Menurut bahasa setempat, lawang artinya pintu dan abang bermakna merah. Mungkin dahulunya bangunan itu berwarna merah atau ada makna lain.

Namun yang pasti, benda yang jika dilihat dari fisiknya masuk kategori benda cagar budaya (BCB) itu diprediksi dibangun pada abad XV.

Baca Juga: Pemuda Banten Diajak BNPT Cegah Paham Radikalisme

Kini bangunan dan tempat di sekitarnya banyak dikunjungi wisatawan yang tertarik dengan arsitektur bangunan dan certa di baliknya.

Halaman:

Editor: Rukman Nurhalim Mamora


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Ini Lima Puisi Terkait Hari Pahlawan 2020

10 November 2020, 13:23 WIB

Lembaga Adat Baduy Segera Bertindak

25 Oktober 2020, 20:04 WIB

Ponsel jadi Ancaman Serius Warga Baduy

25 Oktober 2020, 08:33 WIB

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X